Hasil Pratikum: Makhluk Hidup [IPA SD]
LEMBAR KERJA
PRAKTIKUM IPA DASAR DI SD
MAKHLUK HIDUP
KEGIATAN PRAKTIKUM
1. Judul Percobaan : Ciri-ciri Makhluk Hidup
2. Tujuan : Mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada di sekitar
tempat tinggal
3. Alat dan Bahan :
1. Alat-alat tulis
2. Tabel pengamatan
3. Alam sekitar
4. Teori Dasar :
Mahluk hidup merupakan benda hidup yang selain memiliki ciri atau sifat sebagai benda, juga memiliki sifat atau ciri yang membedakannya dari benda tak hidup, perbedaan itu terutama tampak pada ciri-ciri fungsinya.
ciri-ciri mahluk hidup yang membedakan dari mahluk tak hidup adalah kemampuan dalam hal berkembang biak, menerima dan memberi tanggapan terhadap rangsangan, dapat tumbuh kembang, perlu makanan dan air, melakukan pernapasan.
Walaupun tumbuhan dan hewan sama-sama mahluk hidup tetapi ada beberapa perbedaan mendasar dalam ciri-cirinya.
5. Cara Kerja :
1. Siapkan alat-alat tulis dsa table pengamatan yang diperlukan
2. Pergilah ke lingkungan yang ada disekitar tempat tringgal anda, seperti kebun, sawah, hutan, atau lingkungan lainnya, sesuai tempat tinggal anda.
3. Temukan lebih kurang 10 makhluk hidup (5 hewan 5 tumbuhan) yang anda kenal jenisnya.
4. Catatlah kesepuluh makhlukhidup tersebut dalam lembar pengamatan
5. Amatilah ciri-ciri dari setiap makhluk hidup yang telah anda catat tersebut dengan cermat.
6. Bubuhkan tanda cek (√) sesuai dengan ciri-ciri yang anda amati, pada Lembar Kerja.
6. Data Pengamatan :
Hasil pengamatan ciri-ciri mahluk hidup
No.
|
Nama Mahluk Hidup
|
Ciri-ciri mahluk hidup
| ||||||
Bergerak
|
Bernapas
|
makan
|
Tumbuh
|
Berkembang biak
|
Peka terhadap rangsangan
|
ekskresi
| ||
1.
|
Kelinci
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2.
|
Burung
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3.
|
Kambing
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
4.
|
Kucing
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
5.
|
Ayam
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
6.
|
Pohon papaya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
7.
|
Pohon rambutan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
8.
|
Pohon jambu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
9.
|
Pohon belimbing
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
10.
|
Pohon anggur
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
7. Pembahasan :
Pada pengamatan makhluk hidup yang ada disekita tempat tinggal dan lingkungan lainnya, menunjukan bahwa setiap mahlu hidup dapat berinteraksi dengan lingkungannya untuk bertahan hidup memerlukan makan dan minum, mahluk hidup bernapas dan bergerak, dapat berpindah tempat (hewan) dan ada yang tidak dapet berpindahtempat (tumbuhan), berkembang biak untuk memperbanyak jenis keturunannya antar mahluk hidup saling ketergantungan satu dengan lainnya.
8. Kesimpulan :
Setiap mahluk hidup memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Bernafas
2. Bergerak
3. Makan
4. Tumbuh
5. Berkembang biak
6. Peka terhadap rangsangan
7. Ekskresi
9. Pertanyaan dan Jawaban
1. Apakah tumbuhan memenuhi ciri-ciri gerak dan bereaksi terhadap rangsang ? jelaskan!
Jawab :
Tumbuhan dapat bergerak sangat terbatas dan bereaksi terhadap rangsang dengan bantuan matahari atau sentuhan.
2. Jelaskan persamaan dan perbedaan ciri kehidupan pada hewan dan tumbuhan?
Jawab :
Tumbuhan
|
Hewan
|
Tidak memiliki alat pernapasan khusus
|
Umumnya memiliki alat pernapasan khusus
|
Mengambil dan mengeluarkan gas secara pasif
|
Mengambil dan mengeluarkan gas secara aktif
|
Reaksi terhadap rangsang lambat, terbatas dan lebih pasif
|
Reaksi terhadap rangsang cepat, simultan dan aktif
|
Umumnya menetap atau bergerak sebagian
|
Dapat berpindah tempat
|
Dapat menyusun makanan sendiri dari zat-zat di sekitarnya
|
Makan mahluk hidup lain
|
Makanan diambil dalam bentuk gas dan cair
|
Makanan diambil dalam bentuk padat dan cair
|
Tumbuh kembang berlangsung selama hidupnya, ada daerah tumbuh.
|
Tumbuh kembnag terjadi pada masa tertentu, serempak pada seluruh bagian tubuh
|
Bentuk tubuh menyebar dan bercabang, jumlah bagian tubuh tak tentu.
|
Bentu tubuh tertentu, jumlah bagian tubuh tertentu
|
Pembuahan terjadi di dalam alat perkembang biakan
|
Pembuahan dapat terjadi di dalam tubuh atau di luar tubuh
|
Umumnya jumlah anak banyak tidak dipelihara dan dilindungi.
|
Umumnya jumlah anak terbatas, dipelihara dan dilindungi
|
0 komentar:
Posting Komentar